Bab 1 Bisnis Online

  Definisi Bisnis Online Dan Pemasaran Online

BAB 1

BISNIS ONLINE DAN PEMASARAN ONLINE

A. Definisi Bisnis Online

1. Pengertian Bisnis Online

Bisnis Online atau Bisnis Daring dalam jaringan)  adalah aktivitas bisnis yang dilakukan berupa penawaran produk dan jasa yang ditawarkan oleh pelaku bisnis menggunakan teknologi informasi yang terintegritas (internet).

 Beberapa definisi Bisnis Online dari para ahli yaitu: 

 Phillip Kotler

Bisnis online adalah bisnis yang dilakukan melalui sistem komputer daring interaktif yagn menghubungkan konsumen dan penjual secara elektronik.

Chaffey

Bisnis online disebut juga bisnis internet atau pemasaran internet, yaitu pengguna internet dan teknologi digital yang berhubungan untuk mencapai tujuan pemasaran dan mendukung konsep bisnis modern.

Christoper Stoole 

Bisnis online adalah suatu cara mengkombinasikan sistem dan proses dalam menjalankan bisnis dengan bantuan teknologi internet.

Samantha Shurety

 bisnis online adalah penggunaan teknologi internet dalam transformasi bisnis.

2. Manfaat Bisnis Online

Manfaat Bisnis OnlineT

TerbagiManjadi 3 bagian yaitu :

a. Komunikasi: 

Peningkatan informasi produk

Ketersediaan layanan

Biaya komunikasi rendah 

Interaktif

Informasi persediaan terkini

Layanan purna jual

Tidak harus bertemu

b. Transaksi

Etalase virtual dapat dicapai oleh semua pengguna internet

Biaya transaksi murah dan mengurangi kesalahan

Mengurangi waktu siklus pengadaan  

Tingkat persediaan yang lebih rendah serta biaya overhead terkait lainnya

Promosi dan penjualan langsung kepada konsumen 

Harga fleksibel

Biaya entri dan pembentukan biaya relative rendah

c. Distribusi

Mengurangi waktu menunggu

Menurunkan biaya pengirim 

Pelanggan dapat melacak pesanan

Mengurangi jumlah perwakilan layanan pelanggan

3. Komponen Bisnis Online

Komponen bisnis Online

a.  Data 

Data adalah fakta berupa teks,gambar,kombinasi,teks dan angka serta gambar serta dapat berupa video. Data menjadi modal yang penting untuk keberhasilan sebuah perusahaan dalam menggunakan media online dan selanjutnya akan diolah menjadi informasi bagi user/pengunjung. 

b. Perangkat Lunak

Perangkat lunak (software) yang didukung keperluan bisnis online antara lain,software untuk mendesain website seperti dreamweaver,software untuk browser internet seperti google chrome,opera,internet eksplor.

c.  Keahlian (Skill)

a. Mampu mendesain situs

b. Mampu membuat blog

c. Mampu mengoptimasi menggunakam mesin pencarian(Search Engine Optimizatioin)

d. Mampu memasarkan sebuah email

e. Mampu  menggunakan media sosial

f. Mampu menganalisa : 

Website

Blog

SEO Search Engine Optimizatioin)

Email Marketing

Social Marketing

d. Jaringan

Bisnis daring juga membutuhkan jaringan untuk mengoptimalkan website. Jaringan di dunia maya dapat dibuat dengan bermacam macam. Caranya dengan mengunjungi web yang relevan selain itu dapat juga dilakukan dengan bertukar link atau pun membeli link meskipun demikian membeli link dapat direkomendasikan.

 4.    Cara Menjalankan Bisnis 'Online'

Ada banyak metode yang digunakan untuk menjual atau menawarkan jasa menggunakan internet, namun yang paling umum digunakan dalam menjual barang adalah menggunakan web toko online.

5.   Tips Memulai Bisnis'Online'

1) Menjalankan bisnis online Anda harus memiliki web atau blog.

2) Bergabung di media sosial adalah salah satu cara untuk promosi yang Anda jual.

3) Menggunakan forum jual beli adalah pilihan yang terbaik untuk menjalankan bisnis online.

6. Jenis-jenis bisnis online 

1. E-commerce 

 E-commerce adalah proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran atau penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik. contoh e-commerce di Indonesia diantaranya adalah Lazada.co.id dan JD.id. 

2. Marketplace 

Marketplace adalah wadah berjualan secara online yang mempertemukan antara penjual dan pembeli di dunia maya, masing-masing dapat melakukan diskusi terkait produk yang akan ditransaksikan. Contoh : Tokopedia, Bukalapak, Kaskus FJB, OLX, dan Ebay (internasional).

3. Affiliate 

adalah suatu sistem pemasaran yang sedang tumbuh pesat di dunia e-commerce karena kehandalannya dalam memperkenalkan produk kebanyak orang dalam waktu singkat dan dengan biaya yang murah.

Jenis Jenis Affiliate:

1. Pay Per Sale

2. Reccuring Affiliate

3. Pay Per Lead

4. Pay Per Click

5. Pay Per Search

6. Hybird Program

7. Dropshipping

8. Email Marketing

9. SEO (Search Engine Optimization)

10. Blog Marketing 

11. Sosial Media

7.    Macam-macam Bisnis 'Online'

1) Manufaktur

Bisnis manufaktur adalah bisnis yang kegiatan atau aktivitas yang memproduksi produk yang berasal dari barang baku/mentah atau yang terdiri dari beberapa komponen-komponen, kemudian dijadikan menjadi sebuah produk dan dijual untuk mendapatkan keuntungan.

Contoh manufaktur : perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti kendaraan atau pakaian elektronik,makanan siap saji dan sebagainya

2) Bisnis jasa.

Bisnis jasa adalah bisnis yang aktivitas atau kegiatannya menghasilkan barang intangible/jasa yang dibutuhkan komposisi, sehingga pelaku bisnis akan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan.

Contoh bisnis jasa : konsultan,psikolog,jasa pembuatan website dan jasa lainnya.

3) Bisnis pengecer dan distributor (penjual)

Bisnis pengecer maupun distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang/produk antara produsen dengan konsumen yang juga mendapat keuntungan dari aktivitas jual beli produk.

Contoh bisnis pengecer : warung,toko,agen,dan penjualan lainnya

4) Bisnis pertanian dan pertambangan

bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang kegiatan dan aktivitasnya berupa memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman budidaya, mineral tambang, dan lainnya.

Contoh bisnis pertanian dan pertambangan : tanaman budidaya,mineral tambang,dan lain sebagainya.

5) Bisnis finansial

Bisnis finansial adalah aktivitas atau kegiatan yang mendapatkan keuntungan dari sebuah investasi dan pengelolaan modal yang diberikan kepada pelaku usaha untuk nantinya mendapatkan bagi hasil dengan pelaku usaha.

Contoh bisnis finansial : reksadana,investasi disebuah perusahaan,investasi dan penanaman modal lainnya.

6) Bisnis informasi

Bisnis informasi adalah kegiatan/aktivitas yang menghasilkan keuntungan terutama dari penjualan kembali properti intelektual (intelellectual property).

7) Bisnis utilitas

Utilitas merupakan bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti misalnya listrik dan air atau PDAM, dan biasanya didanai oleh pemerintah setempat.

Contoh bisnis utilitas: Bisnis online pembayaran listrik

8) Bisnis real estate

Bisnis real estate merupakan kegiatan/aktivitas yang dapat menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, seperti rumah, bangunan, dan lain-lain.

Contoh bisnis real estate : bisnis properti

9) Bisnis transportasi

Bisnis transportasi adalah bisnis/kegiatan yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi tujuan konsumen sehingga perlu mendapat imbalan sebagai jasa.

Contoh bisnis transportasi : Gojek,Grab,dan lain sebagainya

B. Pemasaran Online

Pengertian pemasaran Online

• Online Marketing

Merupakan kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media internet. Pemasaran adalah proses pertemuan antara individu dan kelompok dimana masimg masing pihak ingin mendapatkan apa yang mereka butuhkan atau inginkan melalui proses menciptakan,menawarkan,dan pertukaran.

• Pemasaran langsung

 yaitu pemasaran yang memperoleh tanggapan segera maupun membina hubungan pelanggan yang berlangsung lama, model pemasaran ini sering disebut dengan model bisnis yang langsung ke pelanggan (direct-to-customers bussines model).

• Pemasaran tidak langsung 

atau pemasaran menggunakan media internet (internet marketing) yang sering disebut dengan pemasaran online (marketing online ) merupakan kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media internet.

Ada dua jenis saluran pemasaran online sebagai berikut.

a. Layanan online komersial,internet layanan yang menawarkan informasi dan layanan pemasaran online kepada pelanggan yang membayar biaya tiap bulan seperti America Online,Compuserve  dan prodigy.

b. Internet, web global jaringan komputer yang luas dan berkembang pesat yang tidak mempunyai manajemen dan kepemilikan sentral.

Manfaat Pemasaran Online

Melakukan perubahan dengan cepat

Menentukan sasaran demografis

Banyak media pilihan

Penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen

Kemampuan konversi instan


Keuntungan Pemasaran Online :

 

Keuntungan Pemasaran Online


Tanpa batas waktu

Tanpa batas tempat

Efisiensi biaya operasional

Kemudahan dalam strategi pemasaran produk

Kemudahan manajemen dan organisasi

Kemudahan pengelolaan kontrol persediaan

Kemudahan pengelolaan sumber daya manusia

Produktifitas meningkat 

Memudahkan melakukan riset pemasaran

Memberikan keuntungan yang tidak terbatas

Kemudahan pengawasan 


Komponen Pemasaran Online

1. Product (Produk)

Adalah buat produk atau jasa yang di terima oleh masyarakat.

2. Price (Harga)

Tentukan harga yang baik caranya dapat melihat harga pasar atau dengan menghitung HPP dan profit yang diinginkan dan sebagainya

Dalam menerapkan kebijakan harga, produsen dapat menetapkan harga dalam dua bentuk, yaitu :

1) Harga setinggi mungkin (skiming price).

Harga tinggi dapat dilakukan ketika belum ada saingan.

2) Harga serendah mungkin (penetration price).

3. Promotion 

Promosi di dunia daring dilakukan dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization) Serta memanfaatkan alat alat yang ada di Internet

Personal selling

Sales promotion

Advertising

Public relations atau publicity

4. Place 

Tempat dalam dunia online bisa di dapatkan dengan cara membayar atau membeli berupa domain / sub domain bisa juga dengan Cuma Cuma / Gratis.

5. People

Adalah unsur orang atau manusia yang melayani terutama dalam perusahaan yang menjual jasa

6. Physical Evidencve

Merupakan bukti fisik yang dimiliki oleh perusahaan jasa.

7. Process

Merupakan bagaimana proses pemasaran dilakukan sampai jasa yang diminta oleh konsumen diterima secara memuaskan.

Cara kerja pemasaran online

Awareness (kesadaran)

Pemasaran membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu dimedia online

Interest (ketertarikan)

Konsumen akan mencaritahu tentang produk melalui mesin pencari (misalnya google,yahoo,dan jaringan sosial) seperti facebook/twitter

Desire (keinginan)

Timbul keinginan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa tersebut  melalui situs web.

Action (Tindakan)

Menampilkan semacam pembuktian atau testimoni dari beberapa pihak tentang produk/jasa yang anda tawarkan.



Komentar