Bab 3 Mengenai Website
A. Menganalisis SEO
1. Definisi SEO
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari. salah satu teknik untuk mendapatkan pengunjung secara organik dan gratis melalui pencarian Google.
2. Teknik SEO
SEO dilakukan dengan memperhatikan teknik-teknik yang sebagian besar di kandang sendiri oleh Google, diantaranya yaitu:
1) Buat Content berkualitas tinggi.
2) Buat kata kunci (keyword) dalam konten pada posisi tepat.
3) Setup permalinks, tittle, description snippet, meta tag, inner-outer link pada konten tersebut.
4) Terapkan optimasi on page pada web secara keseluruhan.
5) Lakukan optimasi off page dengan social sharing dan link building untuk meningkatkan kredibilitas.
3. Jenis-jenis Kata Kunci
• Kata kunci pendek
Kata kunci pendek terdiri hanya satu sampai dua kata saja. Contohnya, bisnis, wirausaha, pebisnis, dan lain-lain.
• Kata kunci panjang
Sedangkan kata kunci panjang memiliki minimal 3 kata. Contohnya, materi bisnis online, toko buku Erlangga, buku bisnis online.
• Kata kunci branded
Kata kunci branded itu menyebutkan merek dagang, nama produk atau nama perusahaan. Contohnya gucci, adidas, gramedia, dan lain-lain.
• Kata kunci produk terkait
Kata kunci ini digunakan untuk mengarahkan konsumen pada kata kunci yang tersirat dalam kata kunci tersebut. Sasaran utama kata kunci jenis ini adalah keluasan cakupan kata kunci untuk diarahkan ke website. Jadi kata kunci ini sebagai jembatan untuk ke kata yg kita tuju. Hasil pencarian untuk kata jenis ini didapatkan website dalam jumlah banyak. Contohnya jasa bisnis online, membangun website.
• Kata kunci "masalah"
• Kata kunci "lokasi"
4. Strategi Membuat Website
1) Menentukan sasaran
2) Menentukan kategori kata kunci
3) Menentukan pesaing di mesin pencari
4) Melihat website pesaing
5) Menetapkan strategi
B. Menerapkan SEO
1. Penerapan SEO On Page
SEO On Page adalah faktor-faktor yang menentukan teroptimasi atau tidaknya website anda terhadap mesin pencari dilihat dari dalam websitenya sendiri. Berikut beberapa cara penerapan Off page SEO :
A. Title tag
Title tag adalah judul pada suatu artikel. Titile tag bisa muncul dari judul artikel atau yg menyerupainya sesuaiuai keyword yg kita cari.
B. Meta description
Meta description adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan kalimat artikel hasil publikasi.
C. Uniform Resource Locator (URL)
Uniform Resource Locator adalah rangkaian karakter menurut format strandar tertentu yg digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber.
D. Heading (h1, h2, h3, h4)
Heading ini adalah yg menjadi judul dan sub-judul artikel kita.
E. Image & image ALt Tag
Image alt Tag itu atribut yg ditambahkan ke tag gambaran, jd artikelnya membantu memahami apa isi dari gambar tersebut.
F. Link to site Authority
link to site authority adalah Link yg menghubungkan dengan website lain/medsos lain misalkan ke facebook, twitter.
2. Penerapan SEO Of Page
SEO Of Page adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar konten atau website.
Penerapan Off page SEO dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut beberapa cara penerapan Off page SEO agar blog atau situs bisa meningkat posisinya di hasil pencarian mesin pencari :
1. Media sosial
Melalui media sosial bisa dengan membuat aplikasi-aplikasi yang telah di fasilitasi atau di sediakan oleh media sosial tersebut misalkan fanpage aqua.
2. Membuat artikel berkualitas.
Artikel yang berkualitas adalah artikel yang judul, konten, gambar, dan vidionya mengandung kata kunci.
3. Blog walking
Blog walking adalah jalan-jalan ke blog lain dan meninggalkan komentar, saran, dan kritik yang membangun. Kadang kala ada juga komentar yang hanya bertujuan menyapa pemilik blog. Kemudian, diharapkan pemilik blog yang dikomentari melakukan kunjungan balik melalui link yang ditinggalkan pada identitas komentar.
4. Pemasaran melalui forum
Pemasaran melalui forum yaitu dari media forum, proses pendaftaran akan setiap membernyapun sangat banyak yang gratis, sehingga kita bisa memanfaatkannya secara maksimal dari forum ini sebagai salah satu media pemasaran bisnis online Anda sendiri
5. Search engine submission
*Search Engine Submission* adalah kita mensubmit website kita secara manual ke setiap webmaster search engine. Jadi ketika kita mau mendaftarkan website ke google, kita harus masuk ke halaman add url punyanya google dulu. Dan ini berlaku dengan search engine lainnya. *Beberapa contohnya* adalah : beberapa link untuk mendaftakan website kita ke search engine:Google: http://www.google.com/addurl
Yahoo: http://siteexplorer.search.yahoo.com/au/free/request
Bing: http://www.bing.com/webmaster/submitsitepage.aspx
Itu merupakan beberapa link yang bisa digunakan dalam mensubmit website.
6. Directory Submission
Direction submission itu dalam artian jadi kita mendaftarkan Laman Web / Blogger yang kita miliki kedalam direktori website yang sudah mempunyai Rank tinggi.
7. Berbagi foto
Berbagi gambar , atau berbagi foto , adalah penerbitan atau transfer pengguna yang seorang administrator menyamakan foto digital online. Situs web berbagi gambar menawarkan layanan seperti mengunggah, menghosting, mengelola, dan berbagi foto (secara publik atau pribadi).
8. Pemasaran Video
Video Marketing adalah suatu metode pemasaran baru dalam marketing online yang menggunakan media Video. Video Marketing merupakan strategi terbaik pemasaran bisnis/ brand Anda di era digital ini.
3. Perbedaan SEO On Page dan SEO Of Page
Secara sederhana, SEO on page membuat konten kamu terlihat berkualitas sehingga dapat menyenangkan pembaca dan dapat terdeteksi oleh mesin pencari Google. Sementara itu, SEO off page membuat website-mu memiliki kredibilitas tinggi sehingga mendapatkan kepercayaan dari Google untuk ditempatkan di ranking teratas. Kredibilitas adalah kualitas, kapabilitas, atau bahkan kekuatan yang digunakan untuk menimbulkan rasa kepercayaan.
Komentar
Posting Komentar